SISWA SD BELAJAR ENERGI DI FMIPA UNY

Sebanyak 21 siswa dan 3 guru pendamping dari SD Tumbuh Yogyakarta berkunjung ke FMIPA UNY, Senin, 7/3/16. Mereka ingin belajar tentang energi.   Rombongan diterima oleh ketua lab Pendidikan IPA Ir. Ekosari Roektiningroem, M.P., di ruang lab pendidikan IPA. Sebagai prodi yang lulusannya bisa menjadi guru IPA di SMP ini sering menjadi tujuan para siswa SMP dan SD untuk belajar tentang IPA.
Sebelum acara demonstrasi, Ekosari memberikan pengantar tentang energy dalam kehidupan sehari-hari. Dalam interaksi tersebut terlihat para siswa sudah punya bekal pengetahuan tentang energy.
Supaya lebih dipahami oleh para siswa, tiga orang mahasiswa melakukan demo motor listrik sederhana yang perangkatnya juga dari alat yang sederhana pula seperti batu baterai, magnet, kabel dll. Pada demo ini para siswa dipersilakan untuk langsung mempraktikkan.
Pada praktik yang kedua, para siswa diajak untuk membuat sumber energy yang berasal dari arang kayu. Pada praktik ini para siswa dipandu oleh para mahasiswa Pendidikan IPA yang lain. Bahan yang digunakan antara lain gelas beaker, jeruk nipis, arang kayu utuh, tisu, garam, air, alumunium foil, dll. Para siswa diajari bagaimana arang tersebut sampai bisa dijadikan sumber energy. (witono)