Simonev School: Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi di Tingkat Sekolah

Tim Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta  yaitu Hanifah Mar’atush Shalihah (Pendidikan Matematika), Mutiara Pesona Bil Jannah (Pendidikan Kewarganegaraan), dan Amri Shabirin (Pendidikan Biologi) dibawah bimbingan Dosen Bapak Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, Ph.D., membuat gagasan   
Simonev School (Sistem Monitoring dan Evaluasi di Tingkat Sekolah).
Hanifah menerangkan, Simonev School merupakan aplikasi yang dirancang untuk melakukan monitoring dan evaluasi oleh orang tua ataupun siswa terhadap kualitas kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Diharapkan dengan adanya simonev school ini dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan pembelajaran online dan dapat terus memajukan pendidikan di Indonesia.
“Aplikasi simonev school berbasis website ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya dapat digunakan dengan desktop dan gawai. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh siswa maupun orang tua dan dapat mendukung pembelajaran abad 21”, tegasnya.
Alasan diangkatnya gagasan ini, lanjut Hanifah, adalah pandemi Covid-19 yang membawa dampak dalam semua sektor bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan terpaksa dilakukan secara daring yang tentunya tidak dapat langsung berjalan secara mulus. Guru yang perlu beradaptasi dengan pembelajaran daring dan kurangnya pendampingan peran dari orang tua dalam mendukung pembelajaran daring menjadi permasalahan yang harus segera diatasi.
“Bahkan dengan gagasan ini, tim kami berhasil meraih Juara 2 dalam Lomba Poster Ilmiah Nasional (LPIN) #5 Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh UKMF Penelitian LIMLARTS FBS UNY”, pungkasnya. (witono)