Perdalam Ilmu, Mahasiswa Fisika FMIPA UNY Studi Lapangan

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan selain yang didapat di bangku kuliah, sebanyak 59 mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY melaksanakan studi lapangan ke Badan Tenaga Nuklir Nasional  (BATAN) Yogykarta, PT Kereta Api (Persero) Balai Yasa Yogyakarta, Dinas Pendidikan, dan Taman Pintar Yogyakarta didampingi Humas FMIPA, Witono N, Senin-Selasa (2-3/9).
Di Batan mahasiswa berkesempatan untuk melihat reaktor nuklir yang pada saat tersebut sedang aktif . Selain itu juga berkunjung ke ruang nuklear corner. Ditempat tersebut mahasiswa dapat lebih jelas mempelajari tentang nuklir. Ada yang berbentuk computer interaktif, miniature peralatan nuklir, contoh hasil pertanian yang telah dikembangkan dengan nuklir, dll.
Sri Prihantinto, A.Md., pekerja radiasi di balai Elektromekanik Batan menjelaskan, mahasiswa dapat membantu BATAN dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa banyak sisi positif yang bisa didapatkan dari nuklir ini, seperti di bidang pertanian, kedokteran, dalam industry kertas, mengelola air bersih, pengawetan makanan, dsb. Jadi masyarakat tidak perlu panic atau risau dengan keberadaan nuklir.
Sedangkan di Balai Yasa Yogyakarta, diterima oleh Pegawai Balai Yasa, Pitra Argihermanu. Mahasiswa berkesempatan untuk melihat dari dekat proses bengkel perbaikan kereta api. Dari perbaikan bodi, system kelistrikan, dan perbaikan masin lainnya.   (witono)