MENGENAL SOSOK RIFALDY FAJAR MAHASISWA BERPRESTASI UNY

Rifaldy Fajar, mahasiswa Program Studi Matematika, FMIPA UNY dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama UNY 2017 Program Sarjana. Berkat ketertarikannya dalam Bidang Matematika Terapan, Pria kelahiran Bulukumba, 20 April 1996 ini berhasil meraih berbagai penghargaan baik di tingkat nasional dan internasional. Beberapa macam riset terkait Pemodelan Matematika telah digelutinya hingga memenangkan berbagai macam kompetisi,  salah satu diantaranya adalah Medali Perak dalam 1st India International Innovation Fair di Bengaluru, India hingga publikasi riset dalam berbagai macam seminar baik nasional dan internasional diantarnya adalah 9th Asean Conference on Fix Point Theory and Optimizations yang diselenggarakan oleh Departemen Matematika King Mongkuts University of Technology Thonburi di Bangkok, Thailand.
Pria yang telah berhasil mengibarkan Bendera Indonesia di 9 negara ini tak hanya aktif dalam dunia riset, tapi juga aktif dalam dunia debat dan public speaking. Beberapa penghargaan debat nasional telah diraih hingga pada ranah Model United Nations, salah satunya adalah sebagai representasi Elsalvador dalam Nanyang Technology University Model of United Nations di Singapura.
Peraih beasiswa full dalam mengikuti South East Asia Mathematical Society (SEAMS) School yang diselenggarakan oleh International Center of Pure and Applied Mathematics (CIMPA) di Hanoi, Vietnam ini juga aktif dalam berbagai organisasi baik internal maupun eksternal. Mulai dari aktif sebagai pengurus Bidang Penelitian di UKM Penelitian UNY selama dua tahun, Divisi Kajian Penalaran dan Lomba di KSI-MIST FMIPA UNY selama satu tahun, Santri Inspiration Center, Departemen Riset di Center of Excellent Student (CES) Jogja selama satu tahun, hingga sekarang aktif menjadi Kepala Departemen Pengembangan Kreativitas Mahasiswa BEM KM UNY 2017 dan Inisiator Pemodelan Matematika di Departemen Riset KSI-MIST FMIPA UNY 2017.
Mahasiswa yang hobi travelling ini tercatat telah mengumpulkan 50 prestasi baik sebagai finalis, juara hingga penghargaan dan pengakuan sejak menjadi mahasiswa baru dan tercatat telah beberapa kali mendaptkan beasiswa seperti Data Print Scholarships, Beasiswa Lippo Bank untuk 200 Mahasiswa UNY yang berprestasi dan sekarang menjadi awardee Beasiswa Aktivis Nusantara Angkatan 7 oleh Dompet Dhuafa selama dua tahun. Selain itu, Rifaldy juga tercatat aktif menjadi pembicara dalam berbagai forum dan seminar serta aktif melakukan beberapa pengabdian masyarakat, salah satunya adalah Sosialisasi dan Pendampingan Guru-Guru Tunagrihata di SLB Puspa Melati Tepus Gunung Kidul dalam pembuatan bahan ajar dan sekarang aktif sebagai salah satu pembimbing KIR di SMK Negeri 2 Godean.
Nunik/witono)