Mahasiswa UNY Presentasi di Ajang The 8th ICAST, Kumamoto University, Jepang

Prestasi mahasiswa UNY semakin gemilang dengan terpilihnya 2 mahasiswa yang mendapat kehormatan mempresentasikan papernya di ajang The 8th International Student Conference on Advanced Science and Technology (ICAST) Kumamoto, Jepang. Perhelatan ICAST yang diselenggarakan belum lama ini juga diikuti oleh perwakilan dari Yonsei University (Korea), Shandong University (China), Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh November dll.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam diwakili oleh Eryuni Setyani (Fisika) dengan  mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Effect of Heating Temperature on Tio2 Extraction From Zirconia Sand Ilmenite” pada sesi research oral. Penelitian ini merupakan hasil penelitian dalam riset Fisika Material dalam naungan laboratorium riset Metalurgi, LIPI Serpong Tangerang.
Ketika dikonfirmasi di kampus FMIPA, Senin 6/1, Eryuni menjelaskan, acara ini merupakan salah satu program yang dapat dijadikan media pembelajaran sekaligus meningkatkan wawasan dan memperluas jaringan terutama di lingkup internasional. Sehingga dalam kegiatan tersebut akan terjadi pertukaran ilmu pengetahuan dari banyak bidang dan juga pertukaran pengetahuan mengenai latar belakang masyarakat negara masing-masing karena kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara di dunia.
“Selain presentasi ilmiah, ICAST juga menyelenggarakan student exchange party serta fieldtrip ke Aso Volcano Crater, Aso Farm Land, Aso Shrine dan Daikanbo. Peserta Delegasi ICAST 2013 ini diikuti dari banyak Negara, diantaranya Indonesia, China, Korea, Kirgiztan, Oman, Malaysia, Jepang, India, Benin, dan Prancis,” lanjut mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika ini.  
Dikatakan, ICAST diadakan setiap tahunnya pada tempat yang berbeda dengan tujuan utama untuk mengembangkan research dan menjalin kerjasama antar universitas diseluruh penjuru dunia. Membuka hubungan kerjasama dan terjalinnya kegiatan student exchange, pemberian beasiswa JASSO bagi mahasiswa yang ingin study ke Kumamoto University, Jepang. Tahun ini ICAST diselenggarakan di Graduate School of Science and Technology, Kumamoto University, Jepang setelah sebelumnya sempat diselenggarakan di Peking University, Shandong University, Ewha Womans University, University of Seoul, dan Ege University.
Selain Eryuni, delegasi lain dari UNY yaitu Pebri Nurhayati (Pend. Geografi) FIS, mempresentasikan papernya yang berjudul “Policy the Use of Eco-Bag to Reduce the Use of Plastic in IPB (Bogor Agricultural University) as a Model of Green Campus”. (witono)