Mahasiswa FMIPAUNY Presentasi di Workshop Aljabar

Mahasiswa Prodi Matematika FMIPA UNY yaitu Tri Wijayanti Septiarini, Muhammad Rifki Taufik, Kurrotul A'yun mempresentasikan makalah pada Seminar Nasional dan Workshop Aljabar dan Pembelajarannya yang diselenggarakan Jurusan Matematika Universitas Hasanuddin dan Himpunan Peminat Aljabar (HPA), 3-4/5/14.  Makalah yang dipresentasikan merupakan hasil penelitian yang diambil ketika Kuliah Kerja Lapangan di Taspen yang berjudul “Studi Kasus PT. TASPEN KCU Yogyakarta : Defined Benefit Plan dalam Perhitungan Dana Pensiun dengan Metode Benefit Prorate Constant Dollar.”
Dalam makalah ini dibahas tentang perhitungan dana pensiun dalam Program Manfaat Pasti (Defined Benefit Plan) dengan metode manfaat rata tanpa memperhitungkan besarnya gaji yang diterima oleh peserta program pensiun (Benefit Prorate Constant Dollar). Asumsi yang digunakan yaitu usia masuk kerja 25 tahun dan usia pensiun 56 tahun (pensiun normal). Dalam metode ini kami menunjukkan bahwa pada pensiun normal besarnya nilai tunai iuran pensiun sama dengan nilai tunai manfaat masa depan. Selain itu dapat ditunjukkan pula, semakin besar usia seseorang masuk dalam program dana pensiun, maka semakin besar pula iuran yang harus dibayarkan setiap tahunnya oleh peserta tersebut Makalah yang dipresentasikan akan dipilih untuk direkomendasikan pada Jurnal Matematika dan Sains ITB.
Adapun tema kegiatan ini adalah Aljabar, Aplikasi, dan Pembelajarannya dalam Peningkatan Daya Saing Bangsa. Ruang lingkup materi yang didiskusikan meliputi Aljabar, Aplikasi Aljabar, Pembelajaran Aljabar, Teori Graf, dan Matematika Terapan. Kegiatan ini berlangsung selama dua (2) hari yaitu pada tanggal 3-4 Mei 2014 yang terdiri atas beberapa jenis kegiatan yaitu Seminar Aljabar, Workshop Pengembangan Aljabar, dan Sarasehan Himpunan Peminat Aljabar. Seminar Aljabar dibersamai oleh I Made Mustika K.A, S. ST (Lembaga Sandi Negara Indonesia) dan Dr. Dellavitha Nasution (Kelompok Keahlian Aljabar FMIPA ITB). Dan yang mengisi dalam Workshop Aljabar adalah Dr. Indah Emilia Wijayanti (Jurusan Matematika UGM) dan Dr. Loeky Haryanto, M.Sc (Jurusan Matematika UNHAS).
Semnas dan workshop diikuti oleh peserta dari berbagai instasi baik itu instansi pendidikan ataupun non-pendidikan, antara lain Lembaga Persandian Negara, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Univeritas Hasanudin, dsb. (witono)