MAHASISWA FMIPA UNY JUARA 1 LKTI DI UNJ

Mahasiswa FMIPA UNY yaitu Zulkaisi Dwi Pangarso, Wachidah Lailiyah (Pend. Fisika) dan Andini Jihan Ningrum (Pend. Matematika) berhasil memperoleh Juara pertama untuk sub tema 3 (Strategi implementasi merdeka belajar dalam sistem pendidikan guna mempersiapkan SDM berdaya saing global) pada perhelatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Inovasi Pendidikan Indonesia (IDEA#3) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta. 
LKTI diikuti 54 finalis dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Lomba IDEA diselenggarakan untuk menampung ide inspirasi dari setiap mahasiswa Indonesia dalam memperbaiki pendidikan Indonesia. Karena wabah COVID-19, presentasi dilakukan melalui video yang diunggah di channel youtube peserta. Puncak acara berupa pengumuman pemenang dan seminar nasional di laksanakan 10/7/20 via daring.
Andini mengatakan, karya tulis ilmiah yang dikirimkan berjudul “Efektivitas Penggunaan Website Go Formative dalam Pemberian Umpan Balik pada Penilaian Formatif Pembelajaran Fisika Terhadap Peningkatan Penguasaan Materi”. Inovasi ini merupakan suatu model pemberian umpan balik yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi sistem daring berbasis website, yaitu menggunakan website Go Formative. Website Go Formative ini dapat memberikan umpan balik kapan saja dan dimana saja sehingga evaluasi dari pembelajaran yang telah dilakukan dapat diberikan dengan segera.
“LKTI ini bertujuan untuk menggali potensi-potensi dan ide-ide di bidang pendidikan, menampung inspirasi mahasiswa dalam menanggapi pendidikan Indonesia saat ini, dan sebagai wadah para pendidik untuk mencari inspirasi dalam pembelajaran. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan metode pembelajaran, strategi pembelajaran serta mengoptimalisasikan tenaga pendidik dan kependidikan agar pendidikan Indonesia bermoral, berkarakter sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia”, tambah Andini. (dini/witono)