MAHASISWA BIOLOGI UNY AMATI AKTIVITAS HARIAN RUSA TIMOR

Aktivitas harian Rusa Timor yang hidup di Taman Baluran, Situbondo, Jawa Timur, ternyata menarik minat mahasiswa Prodi Biologi B 2012 FMIPA UNY untuk melakukan pengamatan yang dilaksanakan belum lama ini. Mahasiswa yang melakukan studi perilaku Rusa Timor yaitu Dixy Dhyanti Prllyaning Saraswati, Melianti, Rini Kusuma Astuti, Pratiwi Megarani, Maftu Khatun, Annisa Kusumaningrum dengan dosen pendamping dr. Tutiek Rahayu, M. Kes., Rizka Apriani, M.S., dan Handziko Rio Christy, M.P.
Annisa menjelaskan, pengamatan yang dilakukan di Savana Bekol Kawasan Taman Nasional Baluran, berdasarkan pengamatan faktor klimatik pada habitat Rusa Timor yaitu dengan suhu udara sebesar 28,1 oC, kecepatan angin sebesar 1,8 km/jam, intensitas cahaya 19 x 100 lux dan kelembaban udara 75 % pada pukul 05:19 ; sedangkan suhu udara 32,8 oC, kecepatan angin 2,1 km/jam, intensitas cahaya 989 x 100 lux dan kelembaban udara 54 % terjadi pada pukul 11:42 ; kemudian suhu udara 30,7 oC, kecepatan angin 2,5 km/jam, intensitas cahaya 771 x 100 lux dan kelembaban udara 68% terjadi pada pukul 16:35. Aktivitas harian yang dapat diamati yaitu makan dan minum (ingesti), bergerak (moving) dan istirahat (resting).
Dari hasil pengamatan, lanjut Annisa, perilaku berjalan/bergerak/moving memiliki prosentase sebesar 77,8% dengan alokasi waktu 112 menit, perilaku diam untuk mengamati sekitar sebesar 8,3% dengan alokasi waktu 12 menit, perilaku bersembunyi prosentase sebesar 2,8% dengan alokasi waktu 4 menit, perilaku berlari/bergerak/moving sebesar 6,9 % dengan alokasi waktu 10 menit dan perilaku makan prosentase sebesar 4,2 % dengan alokasi waktu 6 menit. 
Sementara itu Dixy menerangkan, aktivitas bergerak pada Rusa Timor dilakukan dari satu area vegetasi ke area vegetasi lain guna mencari makan dan air minum. Akan tetapi dapat juga disebabkan adanya gangguan dari pengunjung yang melintasi kawasan Rusa Timor tersebut sehingga mereka berpindah di area yang menurut mereka aman. 
Selain itu, ditemukan juga perilaku Rusa Timor yang berdiam diri seperti menyelidiki situasi sekitarnya. Perilaku ini biasanya dilakukan Rusa Timor apabila ada yang mencurigakan baginya, seperti suara, gerakan, dan bau. Hal ini ditandai dengan sikap menghentikan aktivitas yang sedang dilakukannya kemudian diam beberapa saat sambil menunjukkan sikap waspada dengan memperhatikan sumber yang mencurigakan atau mengganggu tersebut. (Dixy/Witono).