LOKAKARYA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI FMIPA UNY

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholder, FMIPA  UNY menyelenggarakan Lokakarya Peningkatan Kinerja Pegawai yang dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 2-4/10/15 di Pangandaran, Jawa Barat. Lokakarya diikuti oleh sekitar 70 pegawai dan jajaran dekanat.
Pada pembukaan lokakarya, Dekan FMIPA, Dr. Hartono mengharapkan setelah mendapatkan materi dari pembicara, para pegawai bisa menerapkan dalam  menjalankan pekerjaannya. Dengan demikian setelah mengikuti lokakarya para pegawai kinerjanya semakin meningkat.
“Dengan dilaksanakannya lokakarya di Pangandaran, supaya para pegawai fresh kembali setelah selama ini banyak sekali pekerjaan yang menguras tenaga, waktu, dan pikiran. Selain itu juga meningkatkan rasa kebersamaan diantara pegawai. Dengan kerjasama yang baik, maka hasil pekerjaanpun akan semakin baik,” lanjut  Dekan.
Pembicara dalam lokakarya tersebut  yaitu Dra. Pratiwi Wahyu Widiarti, M.Si., dari Fakultas Ilmu Sosial UNY. Dalam paparannya yang berjudul Pengembangan Profesi dan Soft Skill, Pratiwi menjelaskan tentang hard skills dan soft skills bagi pegawai.
Dikatakan, soft skills sangat penting untuk menguasai relasi interpersonal, mengambil keputusan yang tepat, berkomunikasi secara efektif, memiliki kesan yang baik dan berdampak dalam perkembangan professional.
“Keterampilan komunikasi merupakan bentuk utama dari soft skill. Setiap manusia dapat berkomunikasi secara mendasar dan efektif dengan orang lain. Komunikasi yang efektif adalah penanda adanya pendidikan,” tegasnya.
Pada bagian akhir lokakarya, Pratiwi membagi peserta menjadi 4 kelompok yang masing-masing diberi tugas untuk menyelesaikan kasus yang telah ditentukan. Di sini para peserta diuji bagaimana mempraktikkan cara komunikasi yang benar. Dalam sesi ini ternyata para pegawai sudah banyak yang fasih dalam berkomunikasi. (witono)