KELAS PENDIDIKAN MATEMATIKA INTERNASIONAL SIT IN DI UPSI MALAYSIA

Sebanyak 19 mahasiswa kelas pendidikan matematika Internasional UNY mengikuti program sit-in di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia selama lima hari baru-baru ini. Para mahasiswa didampingi Wakil Dekan I FMIPA UNY, Dr. Suyanta dan Koordinator Prodi Pendidikan Matematika, Dr. Ali Mahmudi.
Nawang Shita, salah satu peserta mengatakan,  sit-in mendapatkan penjamuan dalam perpustakaan UPSI. Fasilitas yang luar biasa ada dalam perpustakaan UPSI. Luas dengan tinggi 3 lantai dan memiliki berbagai jenis ruangan berbeda diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan kenyamanan. Ada ruang khusus untuk yang sedang menempuh master, ada ruang khusus untuk perpustakaan anak-anak, ada ruangan isolasi bagi mahasiswa yang akan melaksanakan ujian atau test. Memang, di UPSI menggunakan sistem satu perpustakaan terpusat, sehingga tidak ada perpustakaan jurusan; yang ada hanyalah perpustakaan universitas.
Para peserta sit-in mengikuti aktivitas kuliah di UPSI. Advance Calculus menjadi mata kuliah petama yang diikuti. Kuliah membicarakan testing korvergensi suatu deret. Dr. Nor’ain, dosen yang mengampu mata kuliah tersebut memberikan jembatan keledai untuk melakukan testing konvergensi: HTC-PIRG. Dari kuliah Advance Calculus peserta mengikuti sesi kuliah Peubah Kompleks dengan dosen pengampu Dr. Zamzana. Pada kuliah ini seluruh peserta sit-in melakukan diskusi dengan mahasiswa UPSI. Beberapa mahasiswa peserta sit-in : Tiko (UNY) dan Wildan (UNY) dipersilakan untuk mengemukakan hasil diskusinya. Diskusi dalam kelas berjalan dengan cukup menyenangkan. Peserta sit-in juga mendapatkan pelatihan penggunaan software GSP (Geometer's SketchPad).
Pada sesi kuliah bersama Dr. Faizal, merupakan kuliah pendidikan matematika yang melakukan komparasi terhadap kurikulum pendidikan matematika di Inggris dan di Malaysia. Kuliah dengan bahasa Inggris secara penuh.(shita/witono)