Identifikasi Jenis Pakan Kelelawar Gua Pemakan Serangga di Kawasan Karst Menoreh

Kawasan karst Menoreh masih tergolong belum tersentuh kerusakan oleh manusia dan begitu besar potensi yang ada di dalamnya. Baik dari segi ekologis, wisata gua, sebagai kawasan penyimpan air, maupun sebagai daerah penangkap gas rumah kaca.
Selain itu kawasan karst juga berfungsi sebagai habitat biota khas gua karena kondisi unik karst gua yang dapat dihuni oleh fauna-fauna tertentu saja. Salah satu fauna penghuni karst gua adalah kelelawar. Kelelawar dari segi ekologis, memiliki fungsi sebagai pemencar biji, penyerbuk tumbuhan berbunga, dan pengendali hama serangga. Secara ekonomis, kelelawar menghasilkan guano yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.
Oleh karena itu para mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY yaitu Nrangwesthi Widyaningrum, R. Bg. Irawanto Wisnu Broto, Rendra D. F. Ikranagara, Uswatun Hasanah,   tertarik melakukan observasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kelelawar dan jenis pakan dari spesies kelelawar pemakan serangga yang menghuni gua Nguwik, Kawasan Karst Menoreh.
Ketua tim Nrangwesthi menjelaskan, data lapangan yang berupa sampel kelelawar, didapatkan dengan cara memasang perangkap kelelawar menggunakan mist net di mulut gua pada pagi hari. Kelelawar yang telah didapatkan kemudian dimasukkan ke dalam kantung blacu guna proses selanjutnya.
“Dari sampel kelelawar yang didapatkan kemudian dibius di dalam toples menggunakan chloroform dan selanjutnya melakukan pembedahan ventriculus untuk dikeluarkan isinya. Isi ventriculus dari masing-masing kelelawar kemudian dimasukkan ke dalam formalin untuk selanjutnya diamati menggunakan mikroskop dengan tambahan alat OptiLab pada perbesaran paling minimum yaitu 4 x 10. Serpihan-serpihan organ serangga yang teramati difoto menggunakan software OptiLab Viewer Ver. 1.3.2 guna proses selanjutnya,” lanjutnya.
Dari hasil pengamatan tersebut , kata Nrangwesthi, diperoleh hasil bahwa kelelawar pemakan serangga yang menghuni gua Nguwik, Kawasan Karst Menoreh yaitu Hipposideros galeritus, Rhinolopus pusillus, dan Hipposideros larvatus.
Sedangkan Jenis pakan kelelawar gua pemakan serangga yang teridentifikasi dari spesies kelelawar Hipposideros galeritus adalah serangga dari ordo Isoptera, Lepidoptera, Orthoptera, Diptera; pakan dari spesies kelelawar Rhinolopus pusillus adalah serangga dari ordo Coleoptera, Isoptera, Homoptera; dan pakan spesies kelelawar H. larvatus adalah serangga dari ordo Hemiptera, Orthoptera, Coleoptera. (witono)