HotspotT Wifi UNY Sudah Menjangkau 90% Area Kampus

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di UNY adalah untuk akses informasi, alat bantu pembelajaran, manajemen pendidikan, produktivitas, kerja kolaborasi, dan juga untuk hiburan. Hal penting yang ditanamkan kepada setiap sivitas akademika yaitu privasi username / password, pornografi, hak cipta dan plagiat, etika penggunaan komputer, hacking/cybercrime, dll.
Di Jogja, UNY termasuk 3 besar dari segi infrastuktur TIK. Saat ini LAN UNY terhubung internet dedicated/leased line dengan BW 135 Mbps. Bahkan untuk area kampus di Karangmalang Hotspot Wifi UNY sudah menjangkau 90% area kampus, sehingga memberikan kenyamanan bagi para sivitas akademika untuk menggunakan internet
Demikian dipaparkan dan Bambang Sumarno, M.Kom, dosen Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY saat penerima  studi banding mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pelita Harapan, Selasa lalu di ruang sidang kampus setempat.  
Dijelaskan, disetiap unit seperti fakultas, lembaga, pascasarjana, dll juga telah tersedia sarana video conference yang bisa berkomunikasi dengan instansi dalam dan luar negeri, sehingga untuk berkomunikasi dengan lembaga lain bias lebih lancer.
“Penggunaan internet untuk penelitian, baru sebagian kecil jurusan yang menggunakannya. Biasanya ada yang memanfaatkan situs-situs tertentu, ada yang mengembangkan media pembelajaran yang diupload ke internet, bisa berupa e-learning atau pembelajaran otonom misalnya berhasil mengembangkan CD interaktif yang diupload,” lanjutnya.
Ditambahkan, pengembangan penggunaan dari TIK di UNY antara lain Limuny, staff site, Sipen Online, E-mail, Siakad, Sikeu, e-print, e-journal, dll. Untuk publikasi mahasiswa, kami menyediakan e-journal yang berisi artikel ilmiah dari tugas akhir.  Sedangkan yang e-print adalah dokumen komplit skripsi. (witono)