HIMA IPA UNY Gelar Pildacil Panti Asuhan Tingkat DIY

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) FMIPA UNY bekerjasama dengan  Komunitas Pena Indonesia (KOPINDO) dan  Ardian Transport Yogyakarta menyelenggarakan acara bertajuk Semarak Ramadhan 1434 Miftakhul Jannah.  Kegiatan yang meliputi  Pemilihan Dai Cilik (Pildacil) Panti Asuhan DIY, Kajian Keislaman dan Bedah Buku, Training Motivasi Emotional Spiritual Quotient (ESQ), dan Kegiatan Pesantren Ramadhan Santri Camp, diselenggarakan Sabtu-Minggu (20-21/7) di Panti Asuhan Binaan Miftakhul Jannah, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta.
Pildacil diikuti perwakilan santri dari beberapa panti asuhan di DIY. Yuri pildacil yaitu Ustadz Fajar selaku pimpinan Miftakhul Jannah, Ustadzah Erfina Indriyani selaku aktivis TPA Bantul, dan Ary Gunawan, dari mahasiswa Prodi IPA yang juga aktivis pemuda KOPINDO.
Disela-sela kegiatan, yuri, Ary Gunawan mengatakan, acara ini mengadopsi kegiatan pildacil yang biasa diselenggarakan di televisi, tentunya sesederhana mungkin. Masing-masing peserta diberikan kesempatan tampil selama 15 menit. Penilaian meliputi aspek materi, penampilan, dan kostum. Tidak ada sistem suara terbanyak melalui SMS.
Juara umum Pildacil Putra diraih oleh Panti Asuhan Mafaza Umbulharjo dan juara umum Pildacil Putri diraih oleh Panti Asuhan Miftakhul Jannah Bantul. Kedua panti asuhan ini menyapu bersih gelar juara I, II, dan III. Masing-masing juara berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan, uang pembinaan, dan tiket gratis rekreasi di Kebun Binatang Gembira Loka, sedangkan untuk para peserta mendapatkan santunan dari donatur.  (Ary/witono)