FKIP UNSRI Kuliah Lapangan Ke FMIPA UNY

Mahasiswa Prodi Kimia FKIP Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang kuliah lapangan  ke FMIPA UNY, Jumat, 24/5.  Mereka diterima oleh Ketua Jurusan Pendidikan Kimia, Dr. Hari Sutrisno, Koorprodi Kimia, Prof. Dr. Endang Wijayanti, dan Humas Witono N, SIP., di ruang sidang fakultas.
Dalam sambutannya, ketua studi lapangan, Hadli, mengatakan, tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat bagaimana Jurusan Pendidikan Kimia UNY. Karena yang berkunjung adalah mahasiswa semester 7 dan akan menyusun skripsi maka kami ingin mengetahui background penelitian yang sedang tren di UNY khususnya di kependidikan. Selain itu bisa memberi gambaran kepada mahasiswa untuk membuat proposal penelitian sehingga bisa tersusun secara baik. Kami juga ingin melihat fasilitas laboratorium Jurdik Kimia.
Sementara itu Hari Sutrisno mengatakan, Jurusan Pendidikan Kimia mengembangkan nilai-nilai integritas dan etika. Ini kaitannya dengan maraknya plagiasi untuk dosen dan mahasiswa. Di UNY skripsi mahasiswa S1 kependidikan dan non kependidikan wajib di upload di internet. Jadi disarankan kepada mahasiswa jangan melakukan plagiasi, dan kalau sampai terjadi maka ijazah akan ditarik. Karena diupload di internet maka seluruh dunia  bisa melihat karya-karya mahasiswa UNY. Jadi jika mahasiswa Unsri ingin melihat judul-judul skripsi mahasiswa UNY bisa dilihat secara online.
Saya pernah melihat di beberapa perguruan tinggi judulnya monoton. Kalau kita setiap dosen sudah punya tema sendiri-sendiri, misalnya untuk dosen pendidikan kimia temanya apa dan kimia murni temanya apa, sehingga tidak akan terjadi perebutan judul/tema. Sehingga ketika menguji skripsi dicarikan dosen yang temanya berkaitan. (witono)