Evaluasi Perkembangan Akademik Mahasiswa

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) melaksanakan rapat Evaluasi Perkembangan Akademik Mahasiswa yang diikuti oleh jajaran pimpinan, mahasiswa yang sudah akan habis masa studinya, dan orang tua mahasiswa. Rapat digelar Jumat, 28/5/21 secara daring.
Dalam sambutannya Dekan, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., menerangkan bahwa fakultas sudah mempunyai instrumen-instrumen supaya para mahasiswa lulus tepat waktu. Tapi memang masih ada kendala dalam implementasinya. Para pimpinan diFMIPA secara rutin juga sudah menjalin komunikasi dengan pengurus ormawa dengan dialog. Para mahasiswa dipersilahkan untuk mengungkapkan kendala-kendala dalam belajarnya.
“Jika mahasiswa cepat lulus tentunya kita semua senang. Lulusan bisa segera studi lanjut ataupun bekerja. Jika ada mahasiswa yang lama lulusnya, tentunya kita perlu berdiskusi untuk menemukan solusi. Acara pertemuan seperti ini adalah upaya bersama untuk menyelesaikan harapan menyelesaikan studi. Walaupun untuk lulus variabelnya banyak”, tuturnya. 
Dekan juga mengatakan, acara ini sebagai upaya keterbukaan dan bukan merupakan suatu aib, tapi sesuatu yang bisa terjadi pada siapapun yang akan kita cari solusinya bersama-sama. Saya berharap mahasiswa yang waktu studinya hampir habis bisa lulus semua. 
Sementara itu Wakil Dekan bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Jaslin Ikhsan, Ph.D., pada kesempatan tersebut memaparkan tentang peraturan akademik yang didalamnya termasuk masalah cuti kuliah. Hal seperti ini orangtua / wali mahasiswa diharapkan juga mengetahui. Begitu juga mahasiswa harus terbuka kepada pihak fakultas maupun orang tua mengenai hal-hal yang menghambat proses belajar dan kelulusan sehingga bisa lebih cepat dicarikan solusinya. (witono)