Evaluasi Lapangan Virtual Usulan Penyelenggaraan Prodi Pendidikan Matematika Program Doktor

Menindaklanjuti usulan penyelenggaraan Prodi Pendidikan Matematika Program Doktor yang diusulkan oleh FMIPA UNY, maka Direktorat Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi  melaksanakan Evaluasi Lapangan secara virtual atas usulan tersebut. Evaluasi lapangan dilaksanakan Kamis, 11/11/21. Evaluator pada kesempatan tersebut yaitu Prof. Dr. Eko Hadi Sujono, M.Si., dari Universitas Negeri Makassar  (UNM) Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng, dari Universitas Syiah Kuala (USK),  Prof. Dr. Ahmad Fauzan dari Universitas Negeri Padang. 
Kepala LLDIKTI Wilayah V, Bimo Widyo Handoko, SH., MH.,  dalam sambutannya mengatakan, Kami telah mendengarkan visi misi tujuan dari pendirian dari Program Doktor Pendidikan Matematika ini. Memang dalam pengembangan ke depan, UNY  banyak mengembangkan ilmu Basic Science. Dalam pengembangan, ilmu basic science masih sangat sedikit, masih sangat langka dari program doktornya. 
Kami harapkan, UNY bisa memegang peranan penting untuk pengembangan ilmu-ilmu basic science di Yogyakarta. Ini sebagai pionir, kita harapkan Jogja tetap menjadi unggulan bagi yang ingin belajar di Yogyakarta. Kita tetap menjaga marwah Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kota pariwisata. 
“Dalam kaitannya dengan persiapan dosen-dosen juga sudah mereview, persiapan semuanya seperti sarana prasarana sudah kami periksa. Dan hari ini adalah pembuktian dari persiapan-persiapan yang telah dilakukan. Insya Allah dengan tim yang akan mereview tadi bisa cocok  visi misi dan harapan dari UNY. Semoga usulan ini bisa ditindaklanjuti dengan baik”, pungkasnya.  
Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.,AIFO, dalam sambutannya menjelaskan, Prodi Pendidikan Matematika S3 merupakanb bagian kecil diantara besar yang diupayakan Rektor senior, alm Prof. Sugeng Mardiono, Ph.D., dari matematika yang beberapa waktu yang lalu ketika kami masih menjadi Dekan,  menggagas bahwa tata kelola perguruan tinggi salah satunya kalau berkualitas itu eksistensi atau keberadaan ada jalur akademik S1, S2, S3. 
“Saya sangat mengapresiasi, kita bersama LLDIKTI mengajukan usulan Pendidikan Matematika S3 sebagai tindak lanjut komitmen kita untuk senantiasa memajukan lembaga kita”, lanjut Rektor. (witono)