Universitas Islam Riau Studi Banding ke FMIPA UNY

Rombongan dari Universitas Islam Riau (UIR) yang terdiri dari Dekan, Kaprodi dan Sekretaris Prodi Biologi dan Matematika, serta Ketua dan Sekretaris Penjaminan melaksanakan studi banding ke FMIPA UNY, Rabu, 11/6/14. Mereka disambut oleh Dekan FMIPA, para wakil dekan, serta Ketua Jurusan/Kaprodi Biologi dan Matematika di ruang sidang fakultas.
Dalam sambutannya, Dekan FMIPA  UNY, Dr. Hartono menjelaskan tentang struktur yang ada di FMIPA UNY. Selain itu Dekan juga menjelaskan bahwa dana untuk kegiatan kemahasiswaan adalah 10% dari pemasukan universitas. Di FMIPA ditambah lagi jadi lebih dari 10%. Hal ini karena tuntutan mahasiswa harus aktif untuk membawa nama universitas seperti PIMNAS, Kontes Robot, dll. Setiap Himpunan Mahasiswa setiap jurusan punya kegiatan minimal seminar nasional selain seminar yang dilaksanakan oleh fakultas.
Kami juga terbuka untuk kerjasama, misalnya tukar dosen, pembimbingan bersama untuk tugas akhir. Kami juga sedang menjajagi kerjasama dengan beberapa universitas dalam negeri untuk program sit in mahasiswa.
“Untuk program sit in kelas internasional FMIPA UNY sudah beberapa kali mengirimkan mahasiswa ke Malaysia dan Thailand. Mahasiswa kita juga PPL disana dan sebaliknya mahasiswa Malaysia juga sit in dan PPL di UNY,” lanjut Hartono.
Sementara itu Dekan FKIP UIR, Drs. Nasirun, M.Ed., menjelaskan bahwa tujuan dari studi banding ini adalah untuk untuk belajar dari pengalaman UNY dari segi sarana, kurikulum, pengembangan, dll. Dari 7 prodi di FKIP UIR ditemukan banyak kekurangan-kekurangan yang disebabkan yaitu satu sisi yayasan menginginkan ada pemasukan dana sebanyak mungkin masuk ke universitas. Karena ketergantungan sebagian besar dari jumlah mahasiswa yang besar pula. Kadang-kadang lupa pada keseimbangan antara jumlah dosen dan mahasiswa. Itu sebagian dari masalah yang kami hadapi.
Pada studi banding tersebut untuk penjelasan tentang penjaminan mutu FMIPA UNY disampaikan oleh Nur Kadarisman, M.Si. (Ketua Penjaminan Mutu FMIPA), dan untuk kurikulum disampaikan oleh Dr. Slamet Suyanto. Setelah penjelasan tim dari UIR diajak untuk melihat fasilitas yang ada di FMIPA seperti lab, dll. (witono)