SYAWALAN FMIPA UNY

Segenap keluarga besar FMIPA UNY mengikuti kegiatan syawalan di fakultas yang dilaksanakan Minggu, 2/8 di halaman dekanat FMIPA UNY. Selain para pimpinan fakultas, dosen, karyawan, dan mahasiswa, hadir juga para sesepuh seperti Prof. Dr. Djohar, MS, Prof. Dr. Wuryadi, dll serta para dosen dan karyawan yang sudah purna tugas. Ikrar Syawalan oleh Dina, M.Pd., mewakili pihak yang muda dan Surachman, MS mewakili pihak ‘sesepuh’. Tausiah disampaikan oleh ustadz Drs. Didik Purwodarsono.
Pada kesempatan tersebut Dekan FMIPA, Dr. Hartono, menyerahkann kenang-kenangan kepada calon haji yaitu Prof. Dr. Bambang Subali beserta istri serta Dr Sri Handayani beserta suami serta dosen purna tugas yaitu Togu Gultom, M.Si., dan Suhardi M.Pd.
Dalam sambutannya Dr. Hartono, mengatakan, atas nama fakultas dan pribadi mohon maaf lahir dan batin serta mengucapkan terima kasih atas kehadiran keluarga besar FMIPA UNY pada acara syawalan ini. 
“Mudah-mudahan kebersamaan kita selama ini baik yang masih aktif maupun yang sudah purna tugas tetap berjalan dengan baik”, harapnya. 
Sementara itu,  Didik Purwodarsono dalam tausiahnya menjelaskan bahwa inti dari syawalan adalah saling mendoakan supaya amal ramadhannya diterima oleh Allah SWT. Amal yang sesuai dengan fitrah manusia ada 4.
“Kalau kita melihat ketupat, bayangan kita jangan ngaku lepat atau kula lepat tapi laku papat (empat amaliah fitrah manusia) yaitu pertama takbir, tahlil, dan tahmid, yang kedua membayar zakat fitrah, ketiga shalat Id, dan keempat silaturahim”, jelas Didik.
Lebih lanjut dikatakan, jadi 4 amaliah yang dipaketkan tanggal 1 ramadhan sampai idul fitri dengan simbol ketupat pertama umat islam harus mengucapakan takbir setelah berbuka yang terakhir, kedua segera membayar zakat fitrah dibatasi sampai shalat Id, ketiga shalat Id berjamaah di tanah lapang. Bahkan para wanita yang sedang ‘berhalangan’pun disuruh untuk datang mendengarkan khutbah. Yang keempat silaturahim  saling berjabat tangan mengucapkan selamat dengan doa taqobalallahu minna wa minkum. 
Selesai tausiah dilanjutkan dengan acara jabat tangan seluruh keluarga besar FMIPA UNY dan diakhiri dengan ramah tamah. (witono)