Sportifitas dalam Futsal HIMATIKA Cup 2014

Dengan bangga, HIMATIKA FMIPA UNY mempersembahkan sebuah  kompetisi futsal SE-Jawa Bali yaitu Futsal Himatika Cup (FHC) 2014 dengan tema  “Show your skill and beat the challenge on FHC 2014”. Kompetisi ini merupakan wujud komitmen dari HIMATIKA sebagai wadah  menyalurkan bakat dan minat dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Selain itu, ajang ini juga dimaksudkan untuk menjalin hubungan dengan organisasi mahasiswa, baik dalam mau pun luar universitas.
 “Yang terpenting itu bukan menang atau kalah, tapi terjalinnya tali silaturahim antar siswa atau mahasiswa. Itulah yang sebenarnya ingin kita wujudkan,” ujar Ketua FHC 2014, Wirasta Catur Pambudi. Menurut Kaprodi Matematika, Dr. Agus Maman Abadi, kompetisi ini juga bisa menjadi sarana pendidikan karakter untuk menerapkan sportifitas dan fairplay dalam sebuah pertandingan.
Kompetisi yang digelar belum lama ini dilaksanakan di Telaga 2 Futsal, Sleman, Yogyakarta. FHC 2014  merupakan tahun yang keempat, dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, FHC dibagi dalam dua tingkat, yaitu tingkat universitas se-Jawa Bali dan SMA se-DIY.
FHC tingkat universitas diikuti oleh 42 tim dari para mahasiswa matematika di perguruan tinggi se-Jawa Bali yang tergabung dalam IKAHIMATIKA dan IHMSI. Hari pertama merupakan babak penyisihan. Dengan banyaknya tim yang berkualitas, maka jalannya kompetisi menjadi sangat sengit. Para peserta menampilkan permainan terbaik dari tim mereka agar bisa lolos ke babak selanjutnya di hari kedua. Tim Mathle A, UNS menempati peringkat satu, sedangkan tim HIMATIKA Unpas (Universitas Pasundan) menjadi juara kedua di tingkat universitas. Gelar top scorer diraih oleh Noval dari Tim Mathle A dengan 14 gol.
Sedangkan untuk tingkat SMA, diikuti oleh 40 tim dari pelajar SMA/SMK se-DIY. Pertandingan ini diselenggarakan 10-11 Mei 2014 di lapangan yang sama. Setelah melalui babak penyisihan hingga babak final, Tim Fast dari SMKN 2 Depok, akhirnya keluar menjadi juara pertama. Di babak final, Tim Fast mengalahkan tim dari SMA 4 Yogyakarta B dengan skor 7-0.
“Kami sangat senang dan bangga bisa menjadi juara pertama” ujar kapten Tim Fast, Gilang Arisena D P. Siswa kelas sebelas teknik otomotif ini mengatakan bahwa ia dan teman-temannya sangat bersyukur dan berharap agar kedepannya ajang ini bisa lebih baik lagi. “Tentunya, kami berharap yang terbaiklah. Dengan peserta yang banyak dan diadakan di sebuah GOR yang luas,” ujarnya sambil tertawa. Mereka menganggap bahwa juara yang mereka raih saat ini bisa menjadi motivasi untuk berlatih lebih keras lagi, agar kedepannya bisa memenangkan gelar lain. Sementara untuk gelar top scorer, juga diraih oleh Soni pemain dari Tim Fast dengan 8 gol. [nur-cham/witono]