SISWA SMP PRAKTEK DI LAB IPA FMIPA UNY

Sebanyak 40 siswa kelompok ilmiah remaja SMP Negeri 1 Keparakan Temanggung dengan didampingi oleh 10 guru melakukan praktikum di laboratorium IPA FMIPA UNY, Kamis, 11/6. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka kunjungan studi SMP tersebut dan untuk mengisi kegiatan setelah mengikuti tes di sekolah.
Cunda Sotyana, guru pendamping dalam sambutannya mengatakan bahwa dari praktik yang diselenggarakan ini, para siswa bisa pulang dengan membawa ilmu dan wawasan,  begitu juga dengan guru. Diharapkan hal ini juga akan berguna bagi kehidupan nanti.
Sementara  itu salah satu dosen instruktur praktikum, Asri  Widowati, M.Si., menyambut baik siswa yang ingin praktik di lab IPA FMIPA UNY. Praktik yang dilakukan ini adalah praktik sederhana yang mudah dilakukan oleh siswa dan dari bahan yang mudah dicari. Dengan praktik ini diharapkan para siswa semakin memahami benda-benda yang ada disekitarnya.
Pada kesempatan tersebut para siswa dibagi menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok melakukan eksperimen yang berbeda-beda. Ada yang praktik shak’n icy cream. Disini siswa diajari membuat es krim sambil bersenam ria. 
Ada yang praktik mengukur transpirasi. Disini siswa diajarkan bahwa didalam tubuh tumbuhan ada lalu lintas air berupa penyerapan dan pembuangan ke atmosfer dalam bentuk uap air (transpirasi) dan kadang dalam bentuk air yang menetes. Proses transpirasi bermanfaat untuk menarik masuk kedalam tubuh tumbuhan oleh organ akar. Disini siswa mengukur berapa banyak dan berapa cepat air melintas didalam tubuh tumbuhan.
 Dikelompok lain siswa praktik membuat sabun batang, membuat nabitor (natural acid base indicator), serta membuat penunjuk arah menggunakan magnet. (Witono)