SEMINAR NASIONAL BIOLOGI

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan pendidikan yang mempersiapkan lulusan S1 kependidikan atau S1/D4 non kependidikan untuk menguasai kompetensi guru sesuai standar nasional pendidikan dengan tujuan menghasilkan calon guru yang profesional dalam merencanakan, melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembimbingan serta pelatihan peserta didik untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui perkuliahan berbentuk workshop subject specific pedagogy yang berorientasi pada praktek pengalaman lapangan. Demikian dikatakan Prof. Dr. A. Mukhadis, dosen biologi FMIPA Universitas Negeri Malang dalam seminar nasional biologi di Ruang Seminar FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta belum lama ini. Seminar bertema “Biologi dan pengembangan profesi pendidik biologi” ini diselenggarakan dalam rangka kegiatan tahunan biologi sebagai wahana srawung ilmiah antara pakar biologi dengan para pendidik biologi dan dibuka oleh Pembantu Dekan I FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta Suyoso, M.Si. Lebih lanjut Mukhadis mengungkapkan bahwa mulai tahun 2015 pintu menjadi guru hanya terbuka untuk lulusan S1 dengan tambahan program profesi dimana guru akan berperan serta sebagai dosen tamu dan quality assurance dalam sekolah mitra PPG.
Pembicara lain dalam seminar ini adalah Prof. Triwibowo Yuwono, Ph.D dari jurusan mikrobiologi fakultas pertanian UGM yang menekankan perlunya biologi diajarkan dengan paradigma baru menggunakan dimensi nanobiologi. Konsep morfologi dan anatomi misalnya, perlu ditelaah mulai dari aras struktural molekular sampai pembahasan bagaimana sebuah sistem bioligi menghasilkan morfologi dan anatomi tertentu dan menghasilkan sistematika dan klaisfikai organisme yang spesifik. Sebaliknya dari sudut pandang yang berbeda perlu dijelaskan bagaimana reaksi enzimatik dan metabolik juga memberikan pengaruh terhadap kemunculan morfologi dan anatomi yang berbeda antar jasad. dengan dimensi nanobiologi pendekatan biologi sintetik dan biologi system menjadi lebih mudah dijelaskan dan mendapatkan titik temunya. Dengan dimensi nanobiologi pula manusia dapat merancang dan menyintesis suatu sistem biologis dari komponen dasarnya dan akhirnya akan bermuara pada penciptaan sistem biologis sintetik, lanjutnya.
Sedangkan Dr. Sediono Abdullah, M.Si Dari Ditjen PMPTK Dikti Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta memberikan materi dengan judul kebijakan dan dinamika pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan serta Dr. IGP Suryadarma  dosen biologi FMIPA UNY dengan materi dari nusantara bergoyang secara sambung budaya. Seminar ini diikuti oleh lebih dari 20 perguruan tinggi dan lebih dari 50 orang guru dari 40 sekolah di seluruh Indonesia.