SD IT BIAS Belajar Matematika dan Biologi ke FMIPA UNY

Sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai fasilitas laboratorium yang lengkap, menerima kunjungan dari berbagai universitas maupun Sekolah adalah hal yang biasa bagi FMIPA UNY. FMIPA juga menerima kunjungan dari berbagai sekolah yang jejangnya lebih  rendah yaitu SMP bahkan SD. Seperti yang terjadi beberapa hari lalu, FMIPA menerima kunjungan dari SD Bina Anak Sholeh cabang Kaliurang dan Giwangan sebanyak 122 siswa dengan 12 guru pendamping.
Di FMIPA, para siswa tersebut ingin belajar matematika dengan menggunakan peraga. Di laboratorium Pendidikan Matematika para siswa tampak senang melihat dan mencoba beberapa permainan matematika yang ada di lab tersebut. Siswa-siswa tampak mencatat berbagai berbagai jenis alat peraga yang ada dilab tersebut.
Setelah puas melihat dan bermain dengan alat peraga, para siswa menerima materi pembelajaran matematika dengan alat peraga. Materi disampaikan oleh dosen jurusan Pendidikan Matematika, Nila Mareta Murdiyani, M.Sc. Materi yang disampaikan diantaranya bagaimana menghitung luas berbagai bidang seperti jajaran genjang, persegi panjang, dll menggunakan alat peraga. Mereka belajar secara berkelompok.
Setelah selesai memberi materi, Nila mengatakan bahwa ini adalah pengalaman baru mengajar siswa SD. Mereka tergolong siswa yang cerdas sehingga dengan cepat menangkap materi yang disampaikan. Walau ada beberapa siswa yang tampak agak bandel tapi itu wajar. Yang penting mereka merasa senang dahulu sehingga apa yang tadi saya sampaikan mudah dimengerti oleh mereka.
Selain belajar matematika, para siswa juga mengunjungi kebun percobaan biologi. Ditempat tersebut mereka melihat berbagai jenis tanaman seperti tanaman obat, hias, langka, dll. Mereka juga melihat tempat pembuatan pupuk organic di lab pembuatan kompos, serta melihat tempat pengelolaan hewan yang ada ditempat tersebut. (witono)