Pengalaman PPL Luar Negeri dan Transfer Kredit Mahasiswa FMIPA UNY

Monica Anselia Shinta Sulistyo (Pendidikan Matematika) dan Andyta Ma’rifatul Usnia (Pendidikan IPA) merupakan 2 dari 98 peserta Yudisium FMIPA UNY periode  Juni 2019 yang digelar Senin 1/9/19 dikampus setempat. Semasa kuliah Monica dan Andyta pernah mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di luar negeri.
Seusai acara Monica, peraih IPK tertinggi yaitu 3,88 menceritakan pernah PPL di SMK Tunku Abdul Rahman Putra, Kulai, Malaysia. Disana Monica mengajar kelas 10 dan 11 mata pelajaran Matematika dan Bahasa Jawa, untuk memperkenalkan Bahasa Jawa disana.
“Selama mengajar sekitar sebulan disana ada hal yang mengagetkan yaitu anak-anak disana suka sekali dan hafal lagu dangdut Indonesia yang sedang hit saat itu yaitu ‘Kangen’,” lanjut gadis kelahiran Bandar Lampung ini.
Selain PPL, Monica juga pernah mengikuti program transfer kredit di Khon Kaen University, Thailand selama satu semester. Monica mengungkapkan bahwa pembelajaran disana lebih banyak menggunakan bahasa Tagalog daripada Bahasa Inggris.
“Saya bertanya kepada dosen dan  tema