PENCANANGAN DIES NATALIS KE-51 UNY

Dies Natalis ke-51 Universitas Negeri Yogyakarta mengangkat tema “Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni, dan Olahraga untuk Mewujudkan Insan Unggul”, yang mengandung makna bahwa pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga yang dikembangkan UNY ditujukan untuk membangun insan unggul yaitu insan yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia yang mampu berperan dalam memajukan bangsa Indonesia. Sebagai pelaksana peringatan Dies Natalis ke-51, Fakultas MIPA berusaha menunjukkan warna ke-MIPA-an yaitu mengajak seluruh civitas akademika UNY untuk back to nature peduli terhadap alam dan memakmurkan kehidupan karena kerusakan alam terutama hutan tropis dan margasatwa begitu parah.
Demikian dikatakan Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. selaku ketua panitia dies natalis UNY di Stadion Atletik UNY dalam pencanangan peringatan dies natalis UNY ke-51, Jumat, 20 Februari 2015. Rangkaian kegiatan dies natalis ini secara resmi dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., yang ditandai dengan pelepasan 51 ekor burung berbagai jenis.
Lebih lanjut Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. mengatakan bahwa Indonesia yang menempati urutan kedua setelah Brazil dalam luasan hutan tropis kini dituding sebagai perusak hutan. Hutan tropis yang menjadi paru-paru dunia dikonversi menjadi lahan pertanian, hunian, dan situs ekonomi. Hal ini menyumbang terjadinya global warming yang berdampak sistemik seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, kepunahan biota, dan sebagainya. “Melalui kegiatan Dies, kami mengajak civitas akademika UNY untuk melestarikan satwa dan menanam pohon,” kata Dr. Slamet Suyanto, M.Ed.
Dalam sambutannya Rektor UNY mengungkapkan bahwa dies natalis ini merupakan perwujudan rasa syukur tas karunia Allah SWT sepanjang perjalanan IKIP Yogyakarta dan UNY yang tahun ini memasuki usia ke-51 dengan tidak mengabaikan local wisdom. “UNY telah mengukir banyak prestasi dalam implementasi perguruan tinggi,” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. “Sehingga dari waktu ke waktu UNY semakin menjadi universitas yang diperhitungkan.”
Pada peringatan Dies Natalis UNY ke-51 akan diselenggarakan 90 macam kegiatan yang terdiri dari 18 kegiatan akademik/workshop/seminar, 12 kegiatan pameran/seni/hiburan, 19 kegiatan olahraga dan perlombaan, 11 kegiatan bakti sosial, 6 kegiatan Dharma Wanita, 5 kegiatan Ikatan Alumni, dan kegiatan lain di antaranya penghargaan pada guru, kepala sekolah dan tokoh pendidikan. Dalam pencanangan dies natalis hari ini juga dilaksanakan senam massal dilanjutkan dengan pembagian door prize dan pemeriksaan kesehatan oleh UPT Kesehatan UNY. (dedy)