MAHASISWA UPSI DAN YRU SELESAI TRANSFER KREDIT DI FMIPA UNY

Mahasiswa Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia yang terdiri dari Farah Nadia Binti Shukordi, Hastinah Binti Hamsah, dan Mohd Khairy Izzuan Bin Moho Yusof telah selesai menempuh transfer kredit selama satu semester di Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY.  Ketiganya belajar di UNY mulai bulan Februari sampai Mei 2018. Para mahasiswa tersebut menempuh 4 mata kuliah yaitu Dinamika Molekul, Kimia Analisis Instrumen, Kimia Organik Dasar, dan Anorganik Non Logam.
Farah Nadia yang biasa disapa dengan Yaya ketika ditemui di kampus FMIPA, Rabu, 30/5/18 mengatakan, pada minggu pertama kuliah mereka mengalami kesulitan karena ada perbedaan istilah dalam kimia sehingga perlu penyesuaian lagi.  Yang memudahkan bahwa disini ada dosen yang mengajar dalam bahasa Inggris sehingga kami lebih mudah memahaminya.
Sedangkan Khairy menjelaskan bahwa di tempat kami (UPSI)  sudah tidak ada responsi. Di UPSI untuk waktu di laboratorium, kami menentukan sendiri. Kesulitannya kalau waktu menentukan sendiri adalah kalau kami pas di lab ternyata ada peralatan/bahan sedang dipakai oleh orang lain sehingga harus menunda memakai alat tersebut. Sedangkan disini (FMIPA)   waktunya sudah terjadwal sehingga menjadi lebih mudah. Untuk jam praktikumnya antara di UNY dan UPSI hampir sama durasinya.
Sementara itu Hastinah mengungkapkan bahwa dosen disini setelah menjelaskan mempersilahkan mahasiswa untuk bertanya jika ada yang belum jelas. Kalau di UPSI ada yang dosen tidak memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya.
Selain ketiga mahasiswa dari UPSI tersebut, mahasiswa yang selesai transfer kredit di FMIPA UNY adalah mahasiswa dari Yala Rajabhat University, Thailand 10 orang. Sebanyak 7 orang  kuliah di Jurusan Pendidikan Biologi, dan 3 orang di Jurusan Pendidikan Kimia. (witono)