Mahasiswa FMIPA Lulus 3,5 tahun

Sebanyak 9 mahasiswa  FMIPA UNY berhasil lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Mereka adalah dari Prodi Pendidikan Fisika 6 orang dan Prodi Pendidikan Kimia 3 orang. Diantara mereka salah satunya adalah Ginanjar Winar Putra, mahasiswa bidikmisi angkatan 2010. Sedangkan peraih IPK tertinggi adalah Yulianti Fitriana Nur Aisah dari Prodi Pendidikan (Pend) Fisika dengan IPK 3,73.
Hal tersebut terungkap pada Yudisium FMIPA UNY periode Januari 2014 yang diselenggarakan baru-baru ini di FMIPA. Pada kesempatan ini FMIPA meluluskan sebanyak 102 orang. Untuk prodi kependidikan terdiri dari Prodi Pendidikan (Pend) Matematika 6 orang, Pend Fisika 20 orang, Pend Kimia 9 oarang, Pend Biologi 9 orang, dan Pend IPA 7 orang.
Sedangkan untuk Prodi non kependidikan yaitu Prodi Matematika 16 orang, Prodi Fisika 9 orang, Prodi Kimia 5 orang, Prodi Biologi 12 orang. Selain itu 6 orang berhasil menyelesaikan  jenjang S1 ke-2 yaitu 1 orang dari Prodi Pend Fisika, 2 orang dari Prodi Pend Kimia, dan 3 orang dari Prodi Pend Biologi. Ikut yudisium juga tiga orang yang dinyatakan lulus per 28 Juni 2013 dari Prodi Pend Matematika 1 orang, Prodi Pend Kimia 1 orang, dan Prodi Biologi 1 orang.
Wakil Dekan I FMIPA, Dr. Suyanta dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini pemerintah terus menaikkan angka partisipasi kasar (APK) . Orang-orang yang bisa kuliah di perguruan tinggi terus naik. Sehingga kalau Indonesia sudah banyak orang pandai, maka Indonesia akan lebih cepat maju.
Disebutkan, Indonesia punya modal besar untuk menjadi Negara maju, yaitu wilayah luas dengan sumber kekayaan alam yang melimpah seperi ikan, hutan, dll. Potensi yang lain adalah jumlah penduduk yang banyak.
“Yang jadi masalah, mayoritas penduduk Indonesia terkonsentrasi di pulau Jawa. Sedangkan di pulau lain seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua masih jarang penduduknya. Jadi kalau mau cepat dapat pekerjaan silakan untuk keluar Jawa,” lanjutnya. (witono)