KULIAH UMUM PROF. DR. HAIRUL ANUAR TAJUDDIN UNIVERSITY OF MALAYA

Prof. Dr. Hairul Anuar Tajuddin  dari University of Malaya memberi kuliah umum ke mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Senin, 28/10/19 di FMIPA. Pada kesempatan tersebut Hairul menyampaikan materi terntang Penelitian Dalam Kimia Organik yang bertujuan memberikan wawasan bagi mahasiswa yang ingin penelitian di bidang kimia organik.
Prof. Hairul mengatakan ada banyak sekali area penelitian yang berkaitan dengan kimia organik diantaranya katalisis, sintesis bahan, nano-organik, polimer, elektronik organik, dan lain-lain. Penelitian merupakan ide asli dari si peneliti dan penelitian yang dilakukan adalah untuk menemukan sesuatu yang baru. 
Penelitian fundamental biasanya didasarkan pada pertanyaan "bagaimana" dan "mengapa". Selain itu juga membutuhkan tinjauan literatur dan survei menyeluruh.
“Dalam penelitian biasanya ada masalah yang harus diatasi. Penyelesaiannya berdasarkan masalah nyata dan fokus pada kemungkinan untuk menyelesaikannya. Solusi yang baik adalah solusi yang memecahkan masalah tanpa membuat masalah yang baru. Hal tersebut membutuhkan pemikiran divergen dan konvergen”, jelasnya.
Prof. hairul menambahkan, aspek penting lainnya dalam penelitian yaitu kolaborasi, multidisiplin, peralatan, kelayakan, dan kebijakan nasional dan global. (witono)