KESALAHAN- KESALAHAN DALAM INTERVIEW YANG SERING DILAKUKAN PELAMAR KERJA

Dalam seleksi calon tenaga kerja baru, salah satu tahap yang dilalui adalah interview/wawancara. Saat interview tersebut perlu diperhatikan hal-hal yang bias membuat pelamar tersebut gagal dalam tes tersebut. Yang pertama adalah jarang tersenyum atau suara terlalu kecil, sehingga orang yang menginterview bias mendengar suara pelamar dengan jelas. Perlu diperhatikan juga pada waktu interview jangan sampai ada bau badan, bau mulud, bau rokok, dan bau kaki. Biasanya di perusahaan ruang interview ukurannya kecil hanya untuk dua orang saja, sehingga bias mengganggu konsentrasi baik yang menginterview maupun yang diinterview. Hal tersebut dijelaskan oleh Marcelina Kartika, HRD PT Wings Surya pada acara Seminar Pre-job Training bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni yang diselenggarakan Selasa, 17/4/18 di ruang sidang fakultas.  
Lebih lanjut dijelaskan, kesalahan lain yang sering dilakukan adalah  berjabat tangan terlalu lemah, atau hanya disentuhkan sedikit. Kebanyakan bercanda juga kurang baik. Kalau yang mengawali yang menginterview tidak masalah karena mungkin biar suasananya lebih cair. Tapi jangan anda yang memulai.
Dalam menjawab pertanyaan jangan selalu mengikutkan pihak ketiga. Misalnya, karena kata orang tua saya….. dll. Meskipun itu memang kata orang tua anda, tapi pada waktu interview kemukakan pendapat anda. Pada waktu interview anda diperbolehkan untuk bertanya. Hal tersebut menandakan ketertarikan anda pada perusahaan. Misalnya bertanya tentang job desknya, lingkungan kerja diperusahaan. 
Hal lainnya adalah menggunakan make up berlebihan. Yang penting pantas untuk dilihat dan orang nyaman melihatnya. 
Untuk karir yang ada di perusahaan kami untuk FMIPA memang yang cocok adalah bidang biologi dan kimia yaitu untuk quality control, quality assurance, research and development, dan waste water treadment plant.  Untuk Jurusan seperti matematika belum sesuai dengan perusahaan kami. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bidang marketing.  (witono)