FMIPA UNY Terima Kunjungan dari Ponpes Modern Sukoharjo

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo Jawa Tengah, Jumat 17/5. Rombongan yang terdiri atas guru, laboaran dan pustakawan diterima Wakil Dekan I FMIPA, Dr. Suyanto dan humas FMIPA, Witono Nugroho, SIP di ruang sidang fakultas.
Ketua rombongan, Rokhimulloh, M.Pd., mengatakan, maksud kunjungan adalah untuk memperoleh gambaran mengenai pembelajaran dan melihat sarana praktikum terutama laboratorium (lab) Biologi, lab Kimia, dan lab Fisika.
“Semoga nanti apa yang kami peroleh dari UNY ini bias lebih member motivasi dan menambah kualitas pembelajaran di Ponpes kami,” lanjutnya.
Sementara itu, Dr. Suyanto mengatakan, selain belajar lewat teknologi informasi seperti computer dan internet, juga harus praktik di lapangan. Misalnya pelajaran biologi tentang ayam, ya harus memegang ayam. Cara belajar yang benar yaitu dengan praktik langsung, sebab dengan berinteraksi langsung bias mendapatkan data dan fakta yang benar.
“Belajar di Ponpes belum tentu kualitasnya lebih rendah dari sekolah lainnya, misalnya dengan tinggal di pondok maka siswa akan lebih bias mandiri. Selain itu masih banyak variable yang menentukan mutu pendidikan misalnya guru dan sarana laboaratorium,” jelas Suyanto.
Dikatakan, sebenarnya sejak zaman dahulu pondok sudah menerapkan learning community,misalnya pembelajaran dengan diskusi dalam kelompok-kelompok kecil, dsb.
Setelah acara penyambutan, rombongan dari Ponpes assalaam mengunjungi dan melihat fasilitas lab Biologi, lab Kimia, dan lab Fisika FMIPA UNY. (witono)