BIMASENA: IDENTIFIKASI BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMP

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH) yaitu Rizqi Nurcahyani, Siti Mufidah, Lathif Al Rasyid, Titik Wulandari, dan Widiastuti dengan pembimbing Bambang Sumarno, M.Kom., membuat media pembelajaran  bagi siswa SMP.
Pada penelitiannya yang berjudul Bimasena: Identifikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama, mereka mengembangkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis augmented reality bagi siswa SMP kelas VIII tahun ajaran 2016/2017. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dalam model pengembangan ADDIE terdapat lima langkah pengembangan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran ini diimplementasikan di