Berita

Post date: 05/12/2018 - 10:19

Dosen Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY,  Dr. Kuncoro Asih Nugroho  melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yaitu pendampingan pembuatan tempe di  Wiley Park, Sydney, New South Wales, Australia belum lama ini. Para peserta workshop  adalah yang tergabung dalam Iqro Foundation inc., Indonesian Welfare Association (IWA), dan Indonesian Campsie Society. Jumlah peserta 76 peserta terdiri dari warga Indonesia dan warga asing (Australia, Amerika).
Kuncoro mengatakan, tempe merupakan makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Jadi ketika pergi ke luar negeri mereka merindukan makanan tersebut.  Namun sayangnya keberadaan...

Post date: 05/12/2018 - 10:16

Sekitar 27.500 spesies tumbuhan berbunga hidup di Indonesia dan ini mengindikasikan sebuah kawasan dengan biodiversitas sangat tinggi. Untuk keanekaragaman palem, Indonesia bahkan menempati  urutan pertama di dunia, karena memiliki lebih dari 477 spesies dan 255 diantaranya endemik. Lebih dari setengan dari spesies (350) pohon penghasil kayu bernilai ekonomi penting terdapat di Indonesia dan 155 spesies diantaranya endemic Kalimantan. Demikian disampaikan Dr. Didik Widyatmoko, M.Sc., dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya – LIPI pada Seminar Nasional Biologi, Sabtu, 17/11/18 di FMIPA UNY.
Lebih lanjut dikatakan, selain itu...

Post date: 05/12/2018 - 10:13

Tim Kombava (Kompres Bauhinia veriegata) yang diketuai oleh Shilvi Woro Satiti dari Prodi Kimia, Anissa Fitria dari Prodi Kimia, Fahayu Priristia Prodi Pendidikan Akuntansi, dan Anindya Muliawati dari Prodi Pendidikan Ekonomi berhasil menorehkan prestasi dengan menjadi juara II Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2018 di IPB, Darmaga, Bogor.
Pada ajang yang diselenggarakan pada 9–11/11/18 dengan tema “Penguatan WIrausaha Mahasiswa Indonesia Melalui Techno-Sociopreneurship Menghadapi Revolusi Industri 4.0” tersebut Shilvi Woro dan tim membuat sebuah produk inovatif dan kreatif yaitu kompres untuk menurunkan panas badan dari bahan...

Post date: 05/12/2018 - 10:08

Mahasiswa FMIPA UNY yang terdiri Imam Riadi, Endar Chrisdiyanto (Pendidikan Matematika), Ayuningtyas Widayanti (Biologi) berhasil meraih The best poster indonesia paper competition pada ajang Indonesia Paper Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang, 26-27/10/18 . Ini merupakan suatu ajang lomba karya tulis tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa S1. Tema dalam kegiatan tersebut adalah “Inovasi Generasi Muda Melalui Sains, Teknologii Dan Pendidikan Dalam Menghadapi Era Disrupsi Indonesia”.
Pada kesempatan tersebut Imam dkk mempresentasikan karya berjudul I-TRAPS (Insect Trap Pest) sebagai Alat...

Post date: 05/12/2018 - 10:04

Hasil PIMNAS 2018 lalu hasil kerja keras semua. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Kita ini kumpulan orang-orang yang kerja keras dan diberi keberhasilan di PIMNAS. Hal tersebut disampaikan  Dekan FMIPA UNY,  Dr. Hartono pada acara Evaluasi capaian FMIPA pada PIMNAS tahun 2018, Jumat, 2/11/18 di RM. Sendang Ayu, Sleman. Acara diikuti oleh jajaran pimpinan fakultas, dosen pembimbing PKM, serta mahasiswa  peserta PIMNAS dari FMIPA.
“Untuk tahun 2019, PKM sudah dimulai dan sebanyak 167 proposal PKM akan dikirimkan ke dikti. Mudah-mudahan dari jumlah tersebut bisa ‘mentes’ atau banyak yang didanai oleh dikti. Proposal tersebut ...

Pages