Berita

Post date: 19/10/2017 - 09:22

Literasi sains, termasuk literasi kimia, sangat perlu untuk diajarkan kepada siswa agar mereka dapat hidup ditengah-tengah masyarakat modern abad 21. Berbagai upaya telah dilakukan di berbagai Negara termasuk Indonesia untuk meningkatkan literasi sains dan literasi kimia siswa, misalnya upaya diluncurkannya kurikulum baru 2013.
Namun guru kimia sebagai tonggak penentu keberhasilan dari upaya tersebut perlu memahami dengan baik pengertian literasi kimia, bagaimana cara menilai dan mendesain pembelajaran kimia yang berorientasi peningkatan literasi kimia siswa.
Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Sri Rahayu, M.Ed.Ph.D., FMIPA ...

Post date: 16/10/2017 - 11:08

Kegiatan Our Energy merupakan bagian dari proyek pengembangan kapasitas "World Exchange" yang melibatkan pemuda dari empat negara. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pelatihan dan kegiatan evaluasi untuk staf dari enam organisasi mitra yang terlibat dalam proyek ini. Melalui pertukaran pemuda ini, diharapkan peserta memperoleh pengetahuan tentang energi terbarukan, pengetahuan dasar tentang listrik, mencermati keuntungan energi terbarukan dan mengubah sikap peserta terhadap penggunaan energi mereka.
 “Our Energy” Youth Exchange diselenggarakan oleh Erasmus (European Union’s Programme) dan kerjasama dari beberapa partner Cambodia...

Post date: 10/10/2017 - 10:49

Bagaimana menjadikan pembelajaran Fisika menjadi menyenangkan dan bagaimana implementasi dalam kehidupan sehari-hari merupakan tantangan bagi generasi muda terutama mahasiswa. Sampai saat ini pelajaran fisika masih menjadi momok bagi para siswa.  Jadi perlu aplikasi-aplikasi yang menarik supaya siswa  SD, SMP, SMA dll dapat disambut baik oleh para siswa dan menjadi pelajaran yang menyenangkan.  Demikian disampaikan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa saat membuka acara Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika di FMIPA UNY, Sabtu, 7/10/17.
Lebih lanjut dikatakan, beberapa ilmuwan didunia mengakui peran...

Post date: 04/10/2017 - 07:56

Sebanyak 27 mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY berangkat ke Malaysia untuk mengikuti kegiatan Sit-In. Sit-In merupakan salah satu program unggulan dari kelas Pendidikan Matematika Internasional.
Dosen pembimbing sit in, Ilham Rizkianto, M.Sc., mengatakan bahwa tujuan program sit in ini untuk memperkokoh jalinan kerjasama internasional dengan Universiti Putra Malaysia (UPM). Selain itu juga untuk memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun dosen pembimbing yang menyertai mahasiswa, dalam hal bertukar ilmu dan pengalaman mengikuti perkuliahan berkualitas internasional.
Sit in dilaksanakan dari Senin, 18/9/17 hingga...

Post date: 04/10/2017 - 07:54

Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mengadakan Kompetisi Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM) DIKTI 2017.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan ruang kepada mahasiswa dalam mengekspresikan jiwa kebangsaannya dalam bentuk karya tulis. Untuk tahun  ini, tema yang diangkat adalah “Penga¬malan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”.
Membaca peluang itu, Rifaldy Fajar (mahasiswa Prodi Matematika) dan Rizal Setiawan (mahasiswa Prodi Teknik Mesin) memberanikan diri mengikuti kompetisi. Judul karya diangkat yaitu “Game Kapas (Game Edukatif Scrabble...

Pages